Bagaimana Menulis Resume Yang Di Cari Perusahaan

Bagaimana Menulis Resume Yang Di Cari Perusahaan ? inilah sebuah pertanyaan yang sering saya dengar dari seorang pancaker/ pencari kerja yang kesulitan mencari kerja. pertanyaan ini muncul ketika mereka akan merasa putus asa karena dalam setiap lamaran kerjanya tak pernah satu pun mendapat hasil baik seperti mendapatkan wawancara kerja. hal ini di mungkinkan karena dalam pembuatan CV ataupun Resume kurang menarik minat dari para HRD sebuah perusahaan, hal seperti ini pun sudah saya alami dari perubahan design CV bahkan memastikan ulang dimana kesalahan dari CV saya di mata seorang HRD.

Bagaimana Menulis Resume yang Dicari Perusahaan

Dengan berbagai kesimpulan yang saya dapatkan dari pengalaman saya sendiri bahkan pengalaman teman adalah Seleksi Curriculum Vitae (CV) atau resume adalah tahap penilaian pertama sebuah perusahaan terhadap Anda, para pencari kerja. Ingatlah bagaimana resume yang selama ini Anda punya. Sudahkah cukup baik dan menarik bagi (calon) pimpinan Anda? Jadikan Anda layak menempati posisi yang ditawarkan dengan tips berikut ini.

Bagaimana Menulis Resume Yang Di Cari Perusahaan

  • Data pribadi yang lengkap dan benar : Data pribadi adalah hal pertama yang ingin diketahui pihak perusahaan. Berikanlah data Anda secara lengkap, seperti nama, alamat, dan nomor telepon. Kesalahan nomor telepon, misalnya, akan menyulitkan pihak perusahaan untuk menghubungi Anda. Akibatnya, kesempatan wawancara bisa terlewatkan.
  • Informasi yang relevan : Saat menulis resume, ingatlah selalu bahwa pemimpin perusahaan hanya ingin mengetahui informasi yang berhubungan dengan pekerjaan. Setiap menulis resume, tanyakan diri Anda: apakah fakta yang ditulis akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan? Bila jawabannya “tidak”, jangan tulis fakta tersebut dalam resume Anda
  • Fokus pada prestasi, bukan hanya tanggung jawab pekerjaan : Tulislah prestasi Anda dalam angka-angka ketimbang hanya menulis tanggung jawab pekerjaan. Misalnya, tulislah “mengurangi 50% waktu penyelesaian laporan” ketimbang menulis “membuat laporan”. Frasa pertama terlihat lebih kuat karena membuat Anda tampak lebih baik di mata pihak perusahaan. Perlu diingat, jelaskanlah prestasi Anda dalam kalimat singkat dan padat. Penjelasan dengan paragraf panjang membuat pemimpin perusahaan tak tertarik membacanya.
  • Gunakan gaya bahasa yang tepat : Menggunakan gaya bahasa yang tidak tepat membuat pihak perusahaan menganggap Anda tidak serius membutuhkan pekerjaan. Karena itulah, gunakan gaya bahasa yang resmi. Jangan gunakan bahasa yang biasa Anda gunakan untuk chatting, atau mengirim pesan singkat.
  • Baca kembali resume : Baca sendiri resume Anda untuk mengetahui berbagai kesalahan yang mungkin Anda lewatkan. Lalu, minta orang lain untuk membacanya dan memberi pendapat. Jangan hanya bergantung pada pemeriksa ejaan otomatis karena perangkat tersebut tidak bisa secara akurat mengetahui kesalahan bahasa (grammar mistakes).

Dengan tips di atas ini semoga anda bisa membuat resume anda dengan benar dan membuat HRD perusahaan sangat tertarik dengan keahlian anda dan kemampuan anda, itulah tips simple dari saya semoga anda mempunyai trik lain yang bisa membuat perusahaan tertarik kepada anda, jadi mulailah belajar Bagaimana Menulis Resume Yang Di Cari Perusahaan
Ramdhani Sumantri
Ramdhani Sumantri Jelajahi hal-hal baru dan belajar darinya karena hidup ini terlalu singkat